Belajar Grammar : Conjunctions

Belajar Bahasa Inggris - Ini merupakan pelajaran mengenai grammar Bahasa Inggris yang ke-6 (lihat postingan kami sebelumnya tentang Belajar Grammar Bahasa Inggris) yaitu mengenai Conjunctions beserta fungsinya didalam kalimat. Conjunctions adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan kata, frasa, atau kalimat. Conjunction sendiri dibagi menjadi dua ; Coordinating Conjunctions dan Subordinating Conjunctions. Kata yang termasuk Coordinating Conjunctions antara lain ; and, but, or, nor, for, yet, so. Sedangkan yang termasuk Subordinating Conjunctions ; although, because, since, unless.

Pada bab ini akan kita bahas mengenai bentuk dasar dari Conjunctions, Fungsi dasar Conjunction, penjelasan mengenai Coordinating Conjunction dan Subordinating Conjunction.

Bentuk Dasar Conjunctions

Conjunctions mempunyai 3 bentuk dasar, yaitu ;

1. Single word 

Contohnya ; and, but, because, although

2. Compound (diakhiri as dan that)

Contohnya ; provided that, as long as, in order that

3. Correlative (mengelilingi adverbs dan adjectives)

Contohnya ; so ... that

Fungsi Dasar Conjunctions

Conjunctions mempunyai dua fungsi dasar , diantaranya ; 

1. Coordinating Conjunctions

Digunakan untuk menggabungkan 2 kalimat yang gramatikalnya sama. Dua bagian tersebut bisa berbentuk kata tunggal atau klausa. Coordinating Conjunctions selalu diletakkan diantara dua kata atau klausa yang mereka gabung, contohnya ;

- Bondan and Budi go up the mountain (menggabungkan kata)
- The water is cold, but I go swimming (menggabungkan kalimat)

Ada 7 Coordinating Conjunctions, yang semuanya kata pendek, antara 2 sampai 3 sylable yaitu ; and, but, or, nor, for, yet, so. Coba perhatikan contoh kalimat dibawah ini. Dua element yang digabung oleh Coordinating Conjunctions ditunjukkan didalam kurung.

- I like (apple) and (mango)
- (John likes apple), but (Winda likes mango)

Ketika sebuah Coordinating Conjunction menggabung ke Independent Clauses, maka wajib memberikan tanda koma sebelum Conjunction ;

- I want to work as a teacher, so I am studying at UNNES Semarang

Ketika kata "and" digabungkan kata di akhir kalimat, sebuah koma bisa digunakan bisa juga tidak (optional) ;

- Merry likes swimming, gardening, singing, and cooking
- Merry likes swimming, gardening, singing and cooking

2. Subordinating Conjunctions

Digunakan untuk menggabungkan 2 kalimat yang mana satu sebagai induk kalimat yang lainnya anak kalimat. Subordinating Conjunctions berfungsi menggabungkan anak kalimat dengan induk kalimat/ kalimat utama. Kata-kata yang termasuk Subordinating Conjunctions diantaranya ; after, although, as, because, before, how, if, once, since, than, that, though, till, until, when, where, whether, while. Berikut contohnya kalimatnya;

- John went swimming although it was cold 
- When we study together, John often joins us
- After I clean my room, I take a bath
- Rio usually calls me before she comes here

Perhatikan kalimat diatas , subordinating conjunction selalu diletakkan didepan anak kalimat. Jika kalimat diatas dipisah menjadi 2 kalimat, induk kalimat bisa berdiri sendiri sedangkan anak kalimat tidak bisa berdiri sendiri. Contohnya pada kalimat nomor dua, coba bayangkan jika ada orang langsung berkata "when we study together", pasti anda bingung dengan maksud ucapan tersebut karena kalimat tersebut adalah anak kalimat (tak punya arti). Sebaliknya kalimat "John often joins us" jika dipisah bisa berdiri sendiri karena mempunyai arti sehingga dinamakan induk kalimat/ kalimat utama. Anak kalimat bisa diletakkan didepan atau belakang kalimat utama. 
Sampai disini dulu pembahasan kita mengenai pelajaran grammar Bahasa Inggris : Conjunctions. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Selamat belajar ! 

Image by slideshare.net

No comments:

Post a Comment

" ..... Terima Kasih Sudah Berkunjung di Blog Saya, Semoga Bisa Bermanfaat Bagi Para Pembaca Semua. Silahkan Tinggalkan Komentar Dengan Sopan di Kotak Komentar Dibawah Ini ..... "