Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris - Ketika anda ingin belajar Bahasa Inggris, kebanyakan dari kita masih bingung harus dimulai darimana. Nah disini kami akan memberikan tips  cara mudah belajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua (second language). Sebelumnya, usahakan memiliki sebuah target untuk menguasai Bahasa Inggris agar kita bisa mengetahui seberapa cepat dan mahir anda menguasai Bahasa Inggris. Misalnya, berapa kata/hari anda bisa menghapal, dan berapa kata/ frasa nantinya dalam setahun anda bisa menghafalnya. Belajar 15 menit dalam sehari kami pikir lebih baik daripada kita belajar 2 jam dalam seminggu sehingga kita tidak merasa tertekan pada saat belajar. Berikut ini kami berikan sedikit tips cara mudah Belajar Bahasa Inggris ;

1. Belajar Bahasa Inggris setiap hari

Pertanyaannya adalah berapa banyak kosakata yang anda bisa hafal setiap harinya? Cobalah menghafal 10 kata atau frasa setiap hari jadi kita tidak akan merasa terlalu berat. Jika kita ambil 5 hari untuk menghafal maka kita akan mendapatkan 50 kata/ frasa dalam seminggu. Sisa waktu bisa kita gunakan untuk revisi hafalan yang telah kita hafalkan kemarin.

2. Bacalah teks Bahasa inggris sesering mungkin

Anda bisa membaca teks berupa berita (politik, selebriti, cerita pendek, novel, dll). Pilihlah teks yang menarik yang tidak terlalu sukar buat anda sendiri. Jangan berhenti pada kata-kata yang baru pada saat membaca dan ingat jangan memakai kamus. Berkonsentrasilah pada kata-kata yang kamu pahami saja dan cobalah memahaminya diakhir teks sesuai kemampuan. Tips ini akan menyenangkan, apalagi kalau yang kita baca adalah topik kesukaan kita. Sebagai contoh, anda suka sekali dengan sepakbola, kemungkinan besar anda tidak akan kesukaran dalan membaca teks bahasa Inggris tentang sepakbola. Disisi lain, ada seseorang yang lebih pandai dari anda dalam bahasa Inggris namun tidak tertarik dengan dunia sepakbola, maka akan mendapatkan kesulitan dalan pemahaman pada teks yang sama.

3. Belajar Bahasa Inggris dengan menonton film

Menonton fillm sambil belajar Bahasa Inggris sangatlah menyenangkan dan mudah. Pilihlah favorit film anda dan ulangi terus-menerus hingga anda sudah merasa hafal dengan dialog film tersebut sehingga menjadi lebih mudah mengikuti alur cerita film tersebut. Jangan lupa persiapkan kertas dan bolpoin untuk mencatat kata atau frasa yang mungkin berguna untuk lebih dipelajari. Jika anda tidak terbiasa menonton film yang berbahasa Inggris, cobalah ambil beberapa episode saja/ beberapa dialog kemudian pelajari. Pertama-tama memang anda akan kesulitan untuk berkonsentrasi mendengarkan percakapan yang ada didalam film tersebut, namun lambat laun akan terbiasa asal anda bersungguh-sungguh.

4. Belajar Bahasa Inggris melalui Lagu

Jika anda hobi bermain musik atau bernyanyi, itu modal baik anda untuk memperdalam pelajaran Bahasa Inggris. Mempelajari Bahasa Inggris melalui lagu akan lebih mudah untuk dipahami. Pertama-tama, bacalah lirik lagu berbahasa Inggris dan cobalah untuk memahaminya. Anda tidak perlu mentranslate lirik lagu tersebut kata demi kata tapi cobalah untuk menemukan apa isi dari lagu tersebut. Ambil dari beberapa kata / frasa yang ingin anda pelajari lagi hingga benar-benar faham arti dari lagu tersebut. Menghafal kosakata yang baik adalah dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris yang anda sukai secara berulang-ulang. 

Saya kira sampai disini dulu tips mengenai cara mudah belajar bahasa Inggris. Silahkan sering-sering berkunjung dan ikuti terus postingan terbaru dari kami. Selamat belajar !

No comments:

Post a Comment

" ..... Terima Kasih Sudah Berkunjung di Blog Saya, Semoga Bisa Bermanfaat Bagi Para Pembaca Semua. Silahkan Tinggalkan Komentar Dengan Sopan di Kotak Komentar Dibawah Ini ..... "